Pengembangan Bahan Ajar Tentang Google Classroom Sebagai Kelas Online Menggunakan Model ADDIE
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar tentang google classroom sebagai kelas online untuk digunakan pada pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi guru Madrasah Tsanawiyah (MTs). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah 30 peserta Pelatihan TIK yang berasal dari guru MTs di Wilayah Provinsi Maluku. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian widyaiswara, lembar penilaian peserta pelatihan, dan soal berbentuk pilihan ganda untuk mengukur pengetahuan peserta pelatihan serta lembar rubrik penilaian praktik untuk penilaian keterampilan. Bahan ajar dinyatakan valid apabila hasil penilaian dari para ahli minimal masuk pada kategori baik. Bahan ajar dinyatakan praktis apabila penilaian widyaiswara dan peserta pelatihan minimal masuk pada kategori Baik. Bahan ajar dinyatakan efektif apabila 75% nilai Pengetahuan dan keterampilan peserta pelatihan pada materi Pembuatan dan pemanfaatan google classroom sebagai kelas online adalah minimal 80. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa bahan ajar tentang pembuatan dan pemanfaatan google classroom sebagai kelas online yang layak yaitu valid, praktis dan efektif. Hasil dari penelitian ini berupa bahan ajar diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif sumber belajar untuk peserta pelatihan pada setiap penyelenggaraan pelatihan TIK MTs
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Afrida, A., Harizon, H., Bakar, A., & Sanova, A. (2018). Pelatihan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis multimedia sebagai upaya meningkatkan kompetensi profesionalisme dan kreativitas guru-guru SMA muaro jambi. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 2(1), 15–22. https://doi.org/10.22437/JKAM.V2I1.5426
- Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran teknologi pendidikan dalam pembelajaran. ISLAMIKA, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/ISLAMIKA.V3I1.1047
- Ahmad, H. (2019). Pengembangan e-learning sebagai perangkat blended learning untuk pelaksanaan diklat penyusunan bahan ajar di balai pendidikan dan pelatihan keagamaan denpasar. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 9(1). https://doi.org/10.23887/JTPI.V9I1.2885
- Dartha, I. K. (2010). Pengaruh pendidikan dan pelatihan (diklat) terhadap kinerja pegawai negeri sipil pada sekretariat daerah kota malang. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 6(2), 140–160. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JEKO/article/view/36
- Dewy, M. S., Ganefri, G. S., & Kusumaningrum, I. (2016). Pengembangan model pembelajaran berbasis produk pada mata kuliah praktek elektronika daya. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 15–28. https://doi.org/10.30870/VOLT.V1I1.806
- Fatmawati, A. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran konsep pencemaran lingkungan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah untuk sma kelas x. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.23971/EDS.V4I2.512
- Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan bahan ajar matematika untuk siswa SMP berdasarkan teori belajar Ausubel. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182–192. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10644
- Hufri, Dwiridal, L., & Sari, S. Y. (2021). Peningkatan kompetensi guru-guru IPA SMP/MTsN Lubuk Sikaping melalui pelatihan pengembangan bahan ajar berbasis kontekstual. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 170–177. https://doi.org/10.30653/002.202161.502
- Husain, C. (2014). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di SMA muhammadiyah tarakan. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 184–192. https://doi.org/10.22219/JKPP.V2I2.1917
- Jaya, herman, Firman, A., & Hidayat, M. (2020). Pengaruh kompensasi dan diklat terhadap motivasi kerja melalui pengembangan karir asn dinas pekerjaan umum dan penataan ruang kabupaten barru. AkMen JURNAL ILMIAH, 17(2), 309–321. https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/akmen/article/view/892
- Karyadiputra, E., Pratama, S., Muin, A. A., Setiawan, A., & Rahman, F. Y. (2022). Pelatihan video
- pembelajaran berbasis multimedia pada musyawarah guru mata pelajaran prakarya (MGMP prakarya) SMP kab. Barito kuala. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 89–94. https://doi.org/10.52072/ABDINE.V2I1.302
- Ma’arif, & Prilianti, R. (2021). Bahan ajar berbasis tik pada diklat teknis fungsional peningkatan kompetensi pengawas madrasah/PAI di balai diklat kegamaan makassar. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 9(1), 43–58. https://doi.org/10.36052/ANDRAGOGI.V9I1.217
- Magdalena, I., Wahyuni, H., Imelda, M. I., & Tazki, N. N. (2020). Analisis evaluasi formatif pada materi kewajiban, hak dan tanggung jawab pelajaran PKn kelas V SDN Salembaran III. NUSANTARA, 2(2), 180–
- https://www.ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/805
- Nurhajati, W. A., & Bachri, B. S. (2017). Pengembangan kurikulum diklat (pendidikan dan pelatihan) berbasis kompetensi dalam membangun profesionalisme dan kompetensi pegawai negeri sipil (PNS). JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 2(2), 156–164. https://doi.org/10.26740/JP.V2N2.P156-164
- Nurhidin, E. (2022). Peran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kualitas literasi membaca qur’an siswa sekolah menengah atas. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.30762/ED.V6I1.136
- Kurikulum Pelatihan Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan, (2020).
- Rafiudin, R., Mansur, H., Mastur, M., Utama, A. H., & Satrio, A. (2021). Pelatihan pengembangan bahan ajar elektronik (E-Book) di SMKN 1 Banjarmasin. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 9– 15. https://doi.org/10.20527/BTJPM.V3I1.1803
- Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi canva sebagai media pembuatan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335–343. https://doi.org/10.22460/AS.V4I2P
- Rusydi, I. (2017). Peranan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan pembelajaran dan perkembangan dunia pendidikan. Warta Dharmawangsa, 1(53). https://doi.org/10.46576/WDW.V0I53.272
- Suryadi, S. (2015). Peranan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan pembelajaran dan perkembangan dunia pendidikan. Informatika, 3(3), 133–143. https://doi.org/10.36987/INFORMATIKA.V3I3.219
- Tunsiah, S. (2017). Evaluasi peran komite penjamin mutu (KPM) dalam manajemen kualitas mutu penyelenggaraan diklat prajabatan dan kepemimpinan. Jurnal Analis Kebijakan, 1(2). https://doi.org/10.37145/JAK.V1I2.25
- Widiastuti, N. G. K. (2020). Pengembangan bahan ajar ipa berbasis kontekstual dengan konsep tri hita karana untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 479– 490. https://doi.org/10.23887/JIPP.V4I3.28436
- Widya, W., Zaturrahmi, Z., Muliani, D. E., Indrawati, E. S., Yusmanila, Y., & Nurpatri, Y. (2021). Pelatihan pembuatan bahan ajar digital menggunakan aplikasi kvsoft flipbook dan web anyflip di SMP Negeri 41 padang . Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 4(3), 183–189. https://doi.org/10.36341/JPM.V4I3.1865
- Wulandari, Y., & Purwanto, W. E. (2017). Kelayakan aspek materi dan media dalam pengembangan buku ajar sastra lama. Gramatika: Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 162–172. https://doi.org/10.22202/jg.2017.v3i2.2049