Evaluasi Program Mengaji di SMP Muhammadiyah 11 Tello Baru Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konteks, masukan, proses dan produk program mengaji bagi peserta didik di SMP Muhammadiyah 11 Tello Baru Makassar. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif model studi kasus. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, tutor program mengaji atau staf pengajar di SMP Muhammadiyah 11 Tello Baru Makassar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: (1) Dilihat dari penilaian konteks, tujuan program mengaji sudah sesuai dengan kebutuhan peserta didik SMP Muhammadiyah 11 Tello Baru Makassar. (2) Dilihat dari evaluasi masukan, kompetensi pengawas sesuai dengan bidangnya, sarana dan prasarana pendukung program telah tersedia. (3) Dalam hal evaluasi proses, pengelola dan pelaksana program sudah dapat menjalankan program sesuai perencanaan dan menjalankan tugas dan fungsinya, kendala yang dialami dalam pelaksanaan program ini adalah metode yang digunakan perlu dianalisis kembali agar untuk menemukan metode yang paling tepat untuk memenuhi kebutuhan semua peserta didik. (4) Dari segi evaluasi produk, hasil program mengaji di SMP Muhammadiyah 11 Tello Baru Makassar belum dirasakan secara merata oleh peserta didik sehingga perlu meninjau berbagai hal (metode, waktu, fasilitas dan lain sebagainya) yang dialami peserta didik. selama program
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Arifin, Z. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
- Christiani, Y. (2018). Penerapan Model CIPP dalam Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi: JUPE, 8(1), 1–6. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jupe/article/view/22560
- Djuanda, I. (2020). Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Karakter Model CIPP (Context, Input, Process Dan Output). Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 3(1), 37–53. http://stitalamin.ac.id/jurnal/index.php/alamin/article/view/39
- Faizin, I. (2021). Evaluasi Program Tahfidzul Qur’an Dengan Model CIPP. Al-Miskawaih: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 99–118. https://www.journal.stitpemalang.ac.id/index.php/al- miskawaih/article/view/362
- Julianto, A., & Fitriah, A. (2021). Evaluasi Program Ekstrakurikuler Baca Al-Qur’an di SMP Negeri 03 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 1(2), 175–184. http://ejournal.stit- alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/article/view/28
- Kurniawati, E. W. (2021). Evaluasi Program Pendidikan Perspektif Model CIPP: Context, Input, Process, Product Volume 2 (1. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 19–25. https://siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view/168
- Nurhayani, N., Yaswinda, Y., & Movitaria, M. A. (2020). Model Evaluasi Cipp Dalam Mengevaluasi Program Pendidikan Karakter Sebagai Fungsi Pendidikan Jurnal Inovasi Penelitian 2 (8. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2353–2362. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/1116
- Putra, A. T. A., Zarita, R., & Nurhafidah, N. (2021). Evaluasi Program Pendidikan Agama Islam Menggunakan Model Evaluasi CIPP. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 7(2), 20–35. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/zawiyah/article/view/3459
- Sulistyo, A. (2017). Evaluasi Program Budaya Membaca Di Sekolah Dasar Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 48–58. https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/741