Penguatan Kompetensi Santri Melalui Pendidikan Kewirausahaan: Sebuah Literature Review
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Pesantren sebagai lembaga pendidikan memiliki potensi untuk diberdayakan. Salah satu usaha untuk memberdayakan pesantren adalah dengan membangun pendidikan pesantren yang berorientasi pada entrepreneurships untuk meningkatkan kompetensi lulusan pesantren. Tujuan penelitian ini adalah menyajikan informasi mengenai pemberdayaan pesantren melalui konsep pendidikan kewirausahaan dalam usaha meningkatkan kompetensi kewirausahaan santri. Metode penelitian berjenis kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library research). Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberdayaan pesantren melalui konsep kewirausahaan telah banyak dilakukan di berbagai pesantren di Indonesia dan terbukti telah memberikan dampak positif bagi peningkatan kompetensi kewirausahaan santri dan kemandirian ekonomi pesantren. Pelaksanaan pendidikan kewirausahaan di pesantren dapat dilakukan melalui empat tahapan yaitu mengenali potensi usaha pesantren, penanaman modal, peningkatan kapabilitas pengurus pesantren, dan pendidikan kewirausahaan. Untuk mengimplementasikan pendidikan kewirausahaan pesantren diperlukan kontribusi dari berbagai stakeholder seperti pemerintah, swasta, masyarakat dan perguruan tinggi
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Adawiyah, S. R. (2018). Pendidikan Kewirausahaan Di Pondok Pesantren Sirojul Huda. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(2), 81–87. https://doi.org/doi.org/10.22460/comm-edu.v1i2.661
- Afandi, Z. (2019). Strategi Pendidikan Entrepreneurship di Pesantren Al-Mawaddah Kudus. BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 7(1), 55–68. https://doi.org/dx.doi.org/10.21043/bisnis.v7i1.5191
- Bustomi, I., & Umam, K. (2017). Strategi Pemberdayaan Ekonomi Santri dan Masyarakat di Lingkungan Pondok Pesantren Wirausaha Lantabur Kota Cirebon. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah, 2(1), 79–90.
- https://doi.org/https://badge.dimensions.ai/details/doi/10.24235/jm.v2i1.1625?domain=https://www
- .syekhnurjati.ac.id
- Cholida, D., Wahyuni, S., & Widodo, J. (2020). Strategi Transformasi Nilai Kewirausahaan di Pondok Pesantren Mabadi’Ul Ihsan Kabupaten Banyuwangi. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 14(1), 201–207. https://doi.org/doi.org/10.19184/jpe.v14i1.12035
- Dinata, P., Citriadin, Y., & Badrun, B. (2023). Pendidikan Kewirausahaan dalam Meningkatkan Life Skill Santri di Pondok Pesantren Al-Karimiyyah Bodak Barat Lombok Tengah. MANAZHIM, 5(2), 790–816. https://doi.org/doi.org/10.36088/manazhim.v5i2.3487
- Hafidh, Z., & Badrudin, B. (2019). Pesantren dan Kemandirian Perekonomian: Studi tentang Kewirausahaan di Pondok Pesantren Ar-Risalah Cijantung IV Ciamis. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 257–267. https://doi.org/doi.org/10.14421/manageria.2018.32-03
- Hermanto, B., Syahril, S., & Kurdi, M. (2020). Pengembangan Keterampilan Wirausaha bagi Santri Pondok Pesantren di Pondok Pesantren Modern Al-Ittihad. Jurnal Abdiraja, 3(2), 1–5. https://doi.org/10.24929/adr.v3i2.902
- Indra, H. (2017). Pesantren and entrepreneurship education. Edukasi, 17(2), 294431. https://doi.org/10.32729/edukasi.v17i2.600
- Mujahidin, E., & Taman, M. (2005). Pesantren kilat: Alternatif pendidikan agama di luar sekolah. Pustaka Al- Kautsar.
- Pangkalan data pondok pesantren Kementerian Agama, K. (2022). Statistik data pondok pesantren. https://ditpdpontren.kemenag.go.id/pdpp/statistik
- Pemerintah Republik Indonesia, R. (2012). Peraturan Pemerintah (PP) tentang Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan Perseroan Terbatas. Pemerintah Republik Indonesia.
- Pemerintah Republik Indonesia, R. (2021). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren. Pemerintah Republik Indonesia.
- Prayitno, P. (2017). Pemberdayaan Sumber daya Santri Melalui Entrepreneurship di Pondok Pesantren Al-Ashriyyah Nurul Iman Islamic Boarding School Parung-Bogor. Quality, 4(2), 310–331. https://doi.org/dx.doi.org/10.21043/quality.v4i2.2174
- Ramli, M. (2018). Karakteristik pendidikan pesantren: Sebuah potret. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 18(1), 89–116. https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v18i1.56
- Sa’diyah, H. (2020). Pembangunan Santripreneur Melalui Penguatan Kurikulum Pesantren berbasis Kearifan Lokal di Era Disruptif. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6(1), 80–99. https://doi.org/doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v6i1,%20March.130
- Shodiq, F., Khusaini, N., Ikhsan, B. M. N., Sa’diyah, S. H., & Himma, A. F. (2021). Pengembangan Pendidikan Islam Berbasis Entrepreneur pada Pondok Pesantren Al Mumtaz Patuk. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4320–4328. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1447
- Warsah, I. (2020). Entrepreneurship Education in Pesantren: Strategies to Drive Students’ Interest in Entrepreneurship. Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 18(2), 211–230. https://doi.org/dx.doi.org/10.21154/cendekia.v18i2.2146
- Widodo, S. (2016). Model pemberdayaan pondok pesantren dalam pengembangan budaya kewirausahaan. Pengembangan Kompetensi Fasilitator Dan Kelembagaan Pemberdayaan Masyarakat Di Era MEA, 5(3), 182– 190.
- https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/55521036/Prosiding_Seminar_Nasional_Penyuluhan_Pembangun an_2016_UNS-libre.pdf?1515776464=&response-content- disposition=inline%3B+filename%3DProsiding_Seminar_Nasional_Penyuluhan_Pe.pdf&Expires=16938006 89&Signature=U6e
- Yaqutunnafis, L., & Nurmiati, N. (2021). Manajemen Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Pendidikan Kewirausahaan Siswa. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(2), 143–154. https://doi.org/doi.org/10.32502/jimn.v10i2.2884