PESANTREN BABUL ULUM PAMEKASAN: MENGHADIRKAN MODERASI BERAGAMA MELALUI BUDAYA MONDOK MADURA
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Masyarakat Madura memiliki keragaman dalam mencari ilmu, terutama dalam menggali ilmu keislaman, khususnya pembelajaran kitab kuning seperti Jurumiah, Shorof, Safinatun Naja, Bidayatul Hidayah, dan Ta’limul Mutaallim. Tradisi ini sangat erat dengan budaya pondok pesantren, di mana generasi muda Madura lebih memilih mondok (belajar di lembaga keagamaan non-formal) daripada lembaga pendidikan formal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterkaitan masyarakat Madura, khususnya santri, dengan budaya mondok atau nyolog di pesantren, serta menguji pembelajaran bahasa Arab melalui kitab kuning. Pendekatan yang digunakan adalah studi kasus berbasis kualitatif, mengacu pada teori antropologi, budaya etnis Madura, dan moderasi beragama yang digagas oleh Prof. Irwan Abdullah dari UGM. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta dianalisis dengan teori Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya mondok dan mengaji sangat kuat di Madura, didukung oleh banyaknya pondok, langgar, musholla, dan masjid. Pembelajaran kitab kuning di pesantren terus dikembangkan dan diapresiasi, bahkan dikuatkan melalui kontes baca kitab kuning. Budaya Madura, yang kaya akan tradisi keislaman dan moderasi beragama, relevan dengan pembelajaran bahasa Arab di pondok pesantren dan pendidikan modern di sekolah serta perguruan tinggi.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Abdullah, I., Jubba, H., Pabbajah, M., Sari, I. P., Zuhri, S., & Ernas, S. (2019). From Selfism to Indifferentism: Challenges facing Indonesian Society and Culture, 2015-2045. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 8(3), 102–112. https://doi.org/10.36941/ajis-2019-0009
- Afif, M. (2019). Penerapan Metode Sorogan dalam Meningkatkan Baca Kitab di Pondok Pesantren Tarbiyatun Nasyi’in. KABILAH : Journal of Social Community, 4(2), 34–43. https://doi.org/10.35127/kbl.v4i2.3592
- Ahmat Taufik. (2020). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Internet. Edification, 21(1), 1–9. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.tmaid.2020.101607%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.02.034%0Ahttps://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/cjag.12228%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ssci.2020.104773%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.jinf.2020.04.011%0Ahttps://doi.o
- Ali. (2021). Pembelajaran Bahasa Arab (Kitab Kuning) dengan Metodo Sorongan dan Bandongan. Pamekasan, Madura.
- Apriani, N. W., & Aryani, N. K. (2022). Moderasi Beragama. In Kalangwan Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa dan Sastra (Vol. 12). https://doi.org/10.25078/kalangwan.v12i1.737
- Aripudin, A., Rahman, M. T., Burhanudin, D., Anwar, S., Salman, I., & Pinem, M. (2022). The spiritual experience of Chinese Muslim minorities post-1998 reformation: A study of Chinese Muslims becoming Indonesians. HTS Teologiese Studies / Theological Studies, 78(4), 1–8. https://doi.org/10.4102/hts.v78i4.7648
- Faidi, A., & Septiadi, D. D. (2021). Significance of Legal Culture Enforcement on Tolerance among Madurese Society through Inclusive Curriculum at IAIN Madura. AL-IHKAM: Jurnal Hukum & …, 16(1), 50–67. Retrieved from http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/alihkam/article/view/4302
- Faisal, A., Pabbajah, M., Abdullah, I., Muhammad, N. E., & Rusli, M. (2022). Strengthening religious moderatism through the traditional authority of kiai in Indonesia. Cogent Social Sciences, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311886.2022.2150450
- Fathurrosyid. (2020). Nalar Moderasi Tafsir Gus Baha’; Studi Kontestasi Pengajian Tafsir al-Qur’an di Youtube. SUHUF: Jurnal Pengkajian Al-Qur’an Dan Budaya, 13(1), 77–101. Retrieved from https://jurnalsuhuf.online/suhuf/article/view/528/206
- Fauzan, I., & Muslimin. (2018). Efektifitas Metode Sorogan dalam Meningkatkan Minat Belajar Santri…. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 8(1), 69–80.
- Hadiyanto, A., Samitri, C., & Maria Ulfah, S. (2020). Model Pembelajaran Bahasa Arab Multiliterasi Berbasis Kearifan Lokal di Penguruan Tinggi Negeri. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 4(1), 117–140.
- Haryadi, D., & Widodo, H. (2020). Pengembangan Kurikulum Berbasis Adiwiyata Untuk Meningkatkan Kemampuan Practical Life. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 195–210. https://doi.org/10.31538/ndh.v5i2.558
- Hasan, H., Jubba, H., Abdullah, I., Pabbajah, M., & Rahman R, A. (2022). Londo iha: Elopement and bride kidnapping amongst the Muslims of Monta, Bima, Indonesia. Cogent Social Sciences, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311886.2021.2023973
- Hefni, W. (2022). Pengarusutamaan Moderasi Beragama Generasi Milenial melalui Gerakan Siswa Moderat di Kabupaten Lumajang. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi), 08(2), 163–175.
- Hidayah, S. N. (2021). Pesantren For Middle-Class Muslims in Indonesia (Between Religious Commodification and Pious Neoliberalisme. Qudus Internasional of Islamic Stuies (QIJIS), 9(1), 209–244.
- Hilmi, D., & Ifawati, N. I. (2020). Using the Blended Learning As an Alternative Model of Arabic Language Learning in the Pandemic Era. Arabi : Journal of Arabic Studies, 5(2), 117. https://doi.org/10.24865/ajas.v5i2.294
- Huda, S., Muhammad, D. H., & Susandi, A. (2022). Konsep Pendidikan Islam Multikultural dalam Pandangan KH. Abdurrahman Wahid dan Nurcholis Majid. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 148–156. Retrieved from https://jpdk.org/index.php/jpdk/article/view/250/195
- Izzah, L., Sulistiyono, S. T., Rochwulaningsih, Y., Salindri, D., Handayani, S. A., Januar, J., & Afiah, N. (2019). The Compliance-Based Coffee Growers of Bondowoso on Regent Amin Said Husni in the Culture of Madurese Society. KARSA: Journal of Social and Islamic Culture, 27(2), 206–233. https://doi.org/10.19105/karsa.v27i2.2152
- Jailani, M., & Suyadi. (2022). The Impact of Neuroscience-Based Modern Islalamic Educatioan on the Aspect of Creative Imagination and Development of Religious Moderation on Madura Island. Islam Transformatif, 6(2), 157–172. https://doi.org/http://dx.doi.org/dx.doi.org/10.30983/it.v6i2.5793
- Jailani, M., Suyadi, & Bustam, B. M. R. (2021). Neuroscience Based Islamic Learning as a Critique of the Holistic Education Crisis in Pamekasan Madura. Neuroscience Based Islamic Learning as a Critique of the Holistic Education Crisis in Pamekasan Madura, 123–135. Jakarta: UNJ Jakarta. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/hispisi/article/view/22195
- Jandra, M., Anshori, A., Kholili, H. M., & Rahman, A. (2019). Oceanic Verses of the Qur’an and Their Pointers To Technological Solutions. Heritage of Nusantara: International Journal of Religious Literature and Heritage, 8(2), 243–268. https://doi.org/10.31291/hn.v8i2.339
- Jubba, H., Abdullah, I., Pabbajah, M., Iribaram, S., Hudi Prasojo, Z., & Qodir, Z. (2020). the Display of Religious Symbols in Public Space: the Contestation of Muslim and Christian Identities in Jayapura, Papua. Humanities & Social Sciences Reviews, 8(1), 642–650. https://doi.org/10.18510/hssr.2020.8177
- K. H. Abdul Muhni. (2021a). Cikal Bakal Pondok Pesantren Babul Ulum Pamekasan. Pamekasan.
- K. H. Abdul Muhni. (2021b). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Babul Ulum Pamekasan. Pamekasan, Madura.
- Maliki, M. (2020). COVID-19, Agama, dan Sains. Maarif, 15(1), 60–92. https://doi.org/10.47651/mrf.v15i1.77
- Marlina, M., Suhartono, S., Hasan, S., & Ikhsanudin, M. (2021). Pengaruh Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’alim Terhadap Pembentukan Sikap Tawadhu’Siswa MA Nurul Huda. Al-I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 66–74.
- Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–186.
- Mohammad Jailani. (2022). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kurikulum Merdeka di Pondok Pesantren. Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah Dan Pesantren, 1(01), 7–14. https://doi.org/10.56741/pbpsp.v1i01.10
- Mufti, U., Nur Fauzi, H., & Perawironegoro, D. (2019). Implementasi Manajemen Pengetahuan Islam di Sekolah Muhammadiyah. Jurnal Tarbiyatuna, 10(2), 181–187. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v10i2.2724
- Muqoyyidin, A. W. (1970). Kitab Kuning Dan Tradisi Riset Pesantren Di Nusantara. IBDA` : Jurnal Kajian Islam Dan Budaya, 12(2), 119–136. https://doi.org/10.24090/ibda.v12i2.441
- Novia, W., & Wasehudin, W. (2020). Penggunaan Media Sosial dalam Membangun Moderasi Beragama di Masa Pandemi Covid-19 di Kota Tangerang. Hanifiya: Jurnal Studi Agama-Agama, 3(2), 99–106. https://doi.org/10.15575/hanifiya.v3i2.10017
- Nurpratiwi, S., Effendi, M. R., & Amaliyah, A. (2021). Improving Religious Literacy Through Islamic Religious Education Course Based On The Flipped Classroom. Istawa : Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 16. https://doi.org/10.24269/ijpi.v6i1.3107
- Perawironegoro, D. (2019). Pola Perencanaan dan Pengembangan Visi Pesantren: Studi Kasus di Pondok Pesantren Darussalam Ngesong Jombang. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 263–286. https://doi.org/10.14421/manageria.2019.42-05
- Perawironegoro, D., Widodo, H., Suluri, S., & Harahap, Z. (2019). Workshop sistem organisasi santri di pondok modern Darul Arqam Patean Kendal Jawa Tengah. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(1), 1–13. https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i1.926
- Perdana, E. M., Manongga, D., & Iriani, A. (2019). Model Konseptual bagi Pengembangan Knowledge Management di SMA Menggunakan Soft System Methodology. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(2), 169. https://doi.org/10.25126/jtiik.201962932
- Purnomo, S. A. (2020). Pengembangan Mutu Manajemen Lembaga Pendidikan Dalam Penerapan Iso 9001:2008 Pada Smk Swasta Ma’Arif Nu 1 Ajibarang Provinsi Jawa Tengah. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 124–146. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.78
- Qodir, Z., Jubba, H., Hidayati, M., Abdullah, I., & Long, A. S. (2020). A progressive Islamic movement and its response to the issues of the ummah. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 10(2), 323–352. https://doi.org/10.18326/IJIMS.V10I2.323-352
- Racmawan, H. (2013). Hermeneutika Alquran Kontekstual: Metode Menafsirkan Alquran Abdullah Saeed. Afkaruna, 9(2), 148–161. https://doi.org/10.18196/AIIJIS.2013.
- Rahmawati, Yahiji, K., Mahfud, C., Alfin, J., & Koiri, M. (2018). Chinese ways of being good Muslim: From the Cheng Hoo Mosque to Islamic education and media literacy. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 8(2), 225–252. https://doi.org/10.18326/ijims.v8i2.225-252
- RI, K. A. (2019). Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.
- Salik, M. (2019). Conserving moderate Islam in Indonesia: An analysis of Muwafiq’s speech on online media. Journal of Indonesian Islam, 13(2), 373–394. https://doi.org/10.15642/JIIS.2019.13.2.373-394
- Salik, M., & Mas’ ud, A. (2020). Pesantren dan Upaya Menangkal Tumbuhnya Radikalisme: Analisis Gagasan KH. Marzuki Mustamar. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 8(1), 1–20.
- Santoso, M. A. F., & Khisbiyah, Y. (2021). Islam-based peace education: Values, program, reflection and implication. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 11(1), 185–207. https://doi.org/10.18326/IJIMS.V11I1.185-207
- Saputra, R. (2021). Dialektika Islam dan Budaya Lokal dalam Tradisi Batamat al-Qur’an Urang Banjar. Mashdar: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Hadis, 3(1), 1–32. Retrieved from https://www.ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/mashdar/article/view/2771
- Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Tarbiyah Al-Awlad, VIII(2), 112–122.
- Sisma Yani Tumangor, & Nia Kurniati Syam. (2024). Tradisi Tahlilan Upaya Menyambung Tali Silaturahim. Hikmah Jurnal Dakwah Dan Sosial, 4(1), 19–24. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/hikmah.v4i1.3340 19/4
- Siti Muhayati. (2021). Integrasi Materi Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Menangkal Radikalisme. Syntax Idea, 14(1), 1–13.
- Sudira, P. (2009). Studi Mandiri Grounded Theory. 1–29.
- Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (1st ed.). Bandung: Alfabeta.
- Sutomo, I., & Budihardjo. (2021). The rejection of religious nationalism towards the secular state and the Islamic caliphate: Indonesian religious figures perspective. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 11(1), 115–137. https://doi.org/10.18326/IJIMS.V11I1.115-137
- Suyadi, & Albar Khusni Mawi. (2018). Budaya Ngrowot dalam Kajian Neurosains di Pondok Pesantren Luqmaniyah Yogyakarta. Ibda’: Jurnal Kajian Islam Dan Budaya, 16(1), 125–147. https://doi.org/10.24090/IBDA.V16I1.139
- Syaiful, S., Kasanova, R., & Widjajanti, S. (2020). Modal Budaya “Timmong” Sebagai Rekonsiliasi Dampak Sosial Pasca Pilkades Di Kabupaten Sumenep. KABILAH : Journal of Social Community, 5(2), 15–23. https://doi.org/10.35127/kbl.v5i2.4105
- Umar, M., Ismail, F., & Syawie, N. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Moderasi Beragama Pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini Implementation of Religious Moderation Learning At Early Childhood Education Level. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 19(1), 101–111. Retrieved from http://jurnaledukasikemenag.org
- Utami, M., Muzaki, I. A., Karawang, U. S., Tauhid, I., Akhlak, I., & Kuning, K. (2022). METODE PENGAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN AL-FATHIMIYAH KECAMATAN. 9(2), 122–136.