PERAN GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER POSITIF DALAM BERMEDIA SOSIAL: STUDI FENOMENOLOGI DI JENJANG SD/MI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Krisma Yuniarsih
Sedya Santosa

Abstract

Penanaman karakter positif pada peserta didik dibutuhkan dalam menghadapi dampak negatif dari paparan penggunaan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengalaman dan perspektif guru terkait upaya yang dilakukan dalam membimbing peserta didik dalam menggunakan media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan guru di jenjang sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah. Analisis data dilakukan melalui kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan guru memiliki peran sebagai edukator, evaluator, dan mediator dalam membangun karakter positif peserta didik bermedia sosial seperti bijak menyeleksi dan memfilter konten, santun berbahasa, percaya diri, empati, dan peduli sesama. Guru menggunakan metode pembelajaran bercerita, memanfaatkan media audiovisual, diskusi kelompok, dan bermain peran. Tantangan yang dihadapi guru dalam penanaman karakter positif adalah latar belakang peserta didik yang beragam, perbedaan pola perilaku yang diberikan kepada peserta didik di sekolah dan di rumah, kecanduan teknologi dan media sosial, dan kesulitan mengendalikan emosi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Yuniarsih, K., & Santosa, S. (2024). PERAN GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER POSITIF DALAM BERMEDIA SOSIAL: STUDI FENOMENOLOGI DI JENJANG SD/MI. Jurnal Perspektif, 17(1), 71–84. https://doi.org/10.53746/perspektif.v17i1.178

References

  1. Acharya, H., Reddy, R., Hussein, A., Bagga, J., & Pettit, T. (2019). The Effectiveness of Applied Learning: An Empirical Evaluation Using Role Playing in the Classroom. Journal of Research in Innovative Teaching and Learning, 12(3), 295–310. https://doi.org/10.1108/JRIT-06-2018-0013
  2. Al-Rawi, A. (2017). News values on social media: News organizations’ Facebook use. Journalism, 18(7), 871–889. https://doi.org/10.1177/1464884916636142
  3. Alkhasanah, N., Darsinah, & Ernawati. (2023). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 355–365. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1271
  4. Byrne, J., Kardefelt-Winther, D., Livingstone, S., & Stoilova, M. (2016). Global kids online research synthesis, 2015-2016.
  5. Creswell, J. W., & Poth, C. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4rd ed.). SAGE Publications.
  6. Dhir, A., Yossatorn, Y., Kaur, P., & Chen, S. (2018). Online social media fatigue and psychological wellbeing—A study of compulsive use, fear of missing out, fatigue, anxiety and depression. International Journal of Information Management, 40, 141–152. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2018.01.012
  7. Fidrayani. (2015). Pengembangan Empati Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Seminar Psikologi Dan Kemanusiaan, 978–979.
  8. Firdausya, I. (2021, April 16). Survei: 87% Anak Indonesia Main Medsos sebelum 13 Tahun. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/humaniora/398511/survei-87-anak-indonesia-main-medsos-sebelum-13-tahun
  9. Hamid, S., Waycott, J., Kurnia, S., & Chang, S. (2015). Understanding Students’ Perceptions of the Benefits of Online Social Networking Use for Teaching and Learning. The Internet and Higher Education, 26, 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2015.02.004
  10. Handayani, F., & Maharani, R. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan …, 6, 11362–11369. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4244%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/4244/3549
  11. Handayani, F., Maharani, R. A., Desyandri, D., & Irdamuni. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11362–11369. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4244/3549
  12. Heryana, A. (2018). Informan dan Pemilihan Informan dalam Penelitian Kualitatif.
  13. Hindasah, I., Maskur, M., Risnandah, Y., & Halimah, E. T. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Seesaw untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar. Jurnal Edutech, 19(3), 263–278.
  14. Hudain, M. A., Kamaruddin, I., Irvan, I., Juhanis, J., Weraman, P., & Saddhono, K. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Video: Apakah berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar pada Anak? Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4881–4891. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4924
  15. Indrawanto, I., & Pargito. (2014). Metode Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Nilai Karakter Peserta Didik dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Studi Sosial/Journal …, 2(4). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSS/article/view/8051%0Ahttp://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSS/article/viewFile/8051/4979
  16. Islami, M. R. F. (2022). Studi Analisis Model Implementasi Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Al-Inayah Sarijadi Kecamatan Sukasari Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 110–121. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jpka.v13i1.40640
  17. Junaidah. (2022). Penerapan Metode Role Playing dalam Proses Pemebelajaran. Azkia: Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 19(2), 94–104. https://doi.org/https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v17i1.172
  18. Kalantzis, M., & Cope, B. (2016). Learner Differences in Theory and Practice. Open Review of Educational Research, 3(1), 85–132. https://doi.org/10.1080/23265507.2016.1164616
  19. Livingstone, S., Mascheroni, G., & Staksrud, E. (2017). European Research on Children’s Internet Use: Assessing the Past and Anticipating the Future. New Media & Society, 20(3), 1103–1122. https://doi.org/10.1177/1461444816685930
  20. Manca, S., & Ranieri, M. (2016). Facebook and the Others. Potentials and Obstacles of Social Media for Teaching in Higher Education. Computers & Education, 95, 216–230. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.compedu.2016.01.012
  21. Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis : A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.
  22. Mukaromah, D. L., Sofac, A. H., Munawar, M. W., Ayudyawati, S. P., & Utomo, A. P. Y. (2022). Upaya Meningkatkan Etika Bermedia Sosial bagi Remaja di Masa Pandemi di Desa Banyurojo. Jurnal Bina Desa, 4(1), 135–148. https://doi.org/10.15294/jbd.v4i1.32258
  23. Muzayanati, A., Maemonah, M., & Puspitasari, P. (2022). Efektivitas Aplikasi Game Kahoot Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Matematika Di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 161. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8677
  24. Nasution, A. K. P. (2020). Integrasi Media Sosial Dalam Pembelajaran Generasi Z. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13(1), 80–86. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/tip.v13i1
  25. Perez, E., Manca, S., Fernández-Pascual, R., & Mc Guckin, C. (2023). A Systematic Review of Social Media as A Teaching and Learning Tool in Higher Education: A Theoretical Grounding Perspective. Education and Information Technologies, 28(9), 11921–11950. https://doi.org/10.1007/s10639-023-11647-2
  26. Rahman, M., Nursyabilah, I., Astuti, P., Syam, M. I., Mukramin, S., & Kurnawati, W. O. I. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran. Journal on Education, 5(3), 10646–10653. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1890
  27. Sahroni, I., Daulay, A. A., Fajariah, I. S., & Alvi, I. (2023). Penggunaan Media Sosial Terhadap Kepercayaan Diri Remaja. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 96–102. https://doi.org/10.33084/suluh.v8i2.4499
  28. Sapdi, R. M. (2023). Peran Guru dalam Membangun Pendidikan Karakter di Era Society 5.0. Jurnal Basicedu, 7(1), 993–1001. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4730
  29. Sheldon, P., & Bryant, K. (2016). Instagram: Motives for its use and relationship to narcissism and contextual age. Computers in Human Behavior, 58, 89–97. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.12.059
  30. Shin, W., & Ismail, N. (2014). Exploring the Role of parents and Peers in Young Adolescents’ Risk Taking on Social Networking Sites. Cyberpsychology, Behavior and Social Networking, 17(9), 578–583. https://doi.org/10.1089/cyber.2014.0095
  31. Sitanggang, R. P. R., Simanjuntak, S. D., Manullang, S. M., & Gurning, R. (2023). Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Pendidikan Karakter Siswa SDN 060914 Medan. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 17(1), 175–178. https://doi.org/10.26877/mpp.v17i1.14297
  32. Sobaih, A. E. E., Moustafa, M. A., Ghandforoush, P., & Khan, M. (2016). To Use or Not to Use? Social Media in Higher Education in Developing Countries. Computers in Human Behavior, 58, 296–305. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.01.002
  33. Sugiarto, & Farid, A. (2023). Literasi Digital sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580–597. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2603
  34. Turnip, E. Y., & Siahaan, C. (2021). Etika Berkomunikasi dalam Era Media Digital. Jurnal Ekonomi. Sosial, Dan Humaniora, 3(4), 38–45. https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/659
  35. Uhls, Y. T., Michikyan, M., Morris, J., Garcia, D., Small, G. W., Zgourou, E., & Greenfield, P. M. (2014). Five Days at Outdoor Education Camp without Screens Improves Preteen Skills with Nonverbal Emotion Cues. Computers in Human Behavior, 39, 387–392. https://doi.org/10.1016/j.chb.2014.05.036
  36. Wahyuningdyah, Y. (2022). Peran Guru dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik di Media Sosial. Paidea : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 1(2), 37–40. https://doi.org/10.56393/paidea.v1i2.958
  37. Wang, P., Wang, X., Wu, Y., Xie, X., Wang, X., Zhao, F., Ouyang, M., & Lei, L. (2018). Social Networking Sites Addiction and Adolescent Depression: A Moderated Mediation Model of Rumination and Self-esteem. Personality and Individual Differences, 127, 162–167. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.paid.2018.02.008
  38. Yasin, R. Al, Anjani, R. R. K. A., Salsabil, S., Rahmayanti, T., & Amalia, R. (2022). Pengaruh Sosial Media Terhadap Kesehatan Mental Dan Fisik Remaja: a Systematic Review. Jurnal Kesehatan Tambusai, 3(2), 83–90. https://doi.org/10.31004/jkt.v3i2.4402
  39. Yaumi, M., & Sirate, S. F. S. (2017). Keteladanan Guru dalam Pembentukan Karakter Anak Bangsa. Seminar Nasional Yang Dilaksanakan Oleh Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar.