Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Literasi Al-Qur’An

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Siti Zazak
Lisa Rahmawati
Asrorul Afwa Al Abid

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan literasi Al- Qur'an di SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo, beserta faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Partisipan penelitian ini terdiri dari guru PAI, guru budi pekerti, dan wakil kepala bidang kurikulum SMP Negeri 1 Sambit. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data interaktif, yang mencakup kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan literasi Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Sambit terwujud dalam kegiatan kebiasaan membaca Al-Qur’an sebelum pembelajaran dimulai dan kegiatan pendidikan Al- Qur’an setiap hari Rabu. Faktor pendukung kegiatan tersebut yaitu stakeholder sekolah dan orang tua, sementara faktor penghambat kegiatan literasi ini adalah peserta didik, pendanaan, minimnya jumlah pembimbing

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Siti Zazak, Institut Agama Islam Negeri Ponorogio

081904557868

How to Cite
Zazak, S., Rahmawati, L., & Afwa Al Abid, A. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Literasi Al-Qur’An. Jurnal Perspektif, 16(2), 199–208. https://doi.org/10.53746/perspektif.v16i2.120

References

  1. Abduloh, A. Y., & Ahyani, H. (2020). Pendidikan Hati Menurut Al-Ghazali (Keajaiban Hati: Penjelasan Tentang Perbedaan Antara Dua Maqom). Jurnal Tawadhu, 4(2), 1209–1227.
  2. Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), 21–33. https://doi.org/doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312
  3. Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi: CV. Jejak.
  4. Burhan, M. B. (2007). Penelitian kualitatif: Komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu sosial lainnya.
  5. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
  6. Ilham, & Hermansyah, H. (2023). Pendidikan Moral Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Perspektif Al-Gazali dan Implikasinya Pada Pembentukan Karakter Siswa. KREATIF: Jurnal Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 21(2), 267–278. https://doi.org/10.52266/kreatif.v21i2.1834
  7. Miles, M. B., Huberman, A.M., Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A method sourcebook (3rd ed.).
  8. Thousand Oaks: Sage Publications.
  9. Robi’, N., & Abidin, Z. (2020). Literasi membaca sebagai upaya pembentuk karakter peserta didik (jujur dan bertanggung jawab). Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 3, 790–797. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
  10. Soraya, S. Z. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter untuk Membangun Peradaban Bangsa. SAJIEM (Southeast Asian Journal of Islamic Education), 1(1), 74–81.
  11. Syarifuddin, U. H., Munir, M., & Haddade, H. (2021). Implementasi Literasi Al-Qur’an dalam Pembinaan Karakter Religiusitas Peserta Didik pada SMA/SMK di Kabupaten Sidenreng Rappang. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 30–43. https://doi.org/10.26618/jtw.v6i01.4288
  12. Tabroni, I., & Juliani, A. (2022). Peran Orang Tua dalam Membina Akhlak Anak pada Masa Pandemi di RT 64 Gang Mawar IV Purwakarta. Inovasi: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(1), 16–22. https://doi.org/10.55606/inovasi.v1i1.172
  13. Zakariya, D. M. (2020). Teori Pendidikan Karakter Menurut Al-Ghozali. TADARUS, 9(1), 92–108. http://dx.doi.org/10.30651/td.v9i1.5463