IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN NILAI-NILAI KARAKTER PELAJAR PANCASILA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Widayanto Widayanto

Abstract

Penlitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi project based learning (PJBL) untu meningkatkan nilai-nilai karakter pelajar Pancasila pada murid kelas III MI (Madrasah Ibtidaiyah). Dalam penelitian ini guru bertindak sebagai pelaku pembelajaran sedangkan peneliti sebagai observer. Desain penelitian digunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Pelaksanaan penelitian berlangsung pada tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data berupa deskripsi dan disajikan berupa grafik dan tabel. Diperoleh temuan adanya peningkatan nilai-nilai karakter profil pelajar Pancasila murid pada elemen gotong royong, kreatif, bernalar kritis. Kesimpulan PTK ini model pembelajaran PjBL efektif meningkatkan nilai-nilai karakter pelajar Pancasila murid.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Widayanto, W. (2023). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN NILAI-NILAI KARAKTER PELAJAR PANCASILA . Jurnal Perspektif, 15(2), 227–235. https://doi.org/10.53746/perspektif.v15i2.83

References

  1. Abdul, M. (2013). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  2. Andy, P.S., Relmasira, S.C., Hardini, A.T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar Vol. 6 No. 1, April 2018, hal.41-54.
  3. Anggraeni, D. (2016). Meningkatkan Kreativitas Siswa dengan Menggunakan Model Project Based Learning pada Mata Pelajaran IPA Materi Pernapasan Manusia (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN Cangkuang 5 Kabupaten Bandung) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
  4. Asmara, Y. (2015). Revitalisasi Pendidikan Karakter di Era Modernisasi. Proseding Seminar Nasional Pendidikan. Universitas Bengkulu FKIP JIP PGSD.
  5. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta.
  6. Bell, S. (2013). Project-based learning for the 21st century: Skills for the future. The Clearing House, hal. 83, 39–43.
  7. Fahadah, S.E., Nurika, Lutfiya, F. (2021). Penerapan PjBL (Project Based Learning) Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. LP3 Unnes. Jurnal Profesi Keguruan (JPK) 7(2), 198-208.
  8. Gufron, A. (2015). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa Pada Kegiatan Pembelajaran. Universitas Negeri Yogjakarta.
  9. Kemendikbud. (2020). Panduan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif. Rumah Belajar Pusat Data Informasi dan Teknologi Kemendikbud.
  10. Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.
  11. Maharani, L & Mustika, M. (2016). Hubungan Self-Awareness dengan Kedisplinan Peserta Didik Kelas VIII di SMP Wiyatama Bandar Lampung. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3 (01), 17-31. Online: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/konseli/article/view/555 diakses pada tanggal 4 September 2022.
  12. Rezeki, R. D., Nanik Dwi Nurhayati, N. D., Mulyani, S. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) disertai dengan Peta Konsep untuk Meningkatkan Prestasi dan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Redoks Kelas X-3 SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2013/2014. FKIP UNS. JPK, Jurnal Pendidikan Kimia Vol. 4 No. 1 Tahun 2015 Hal. 74-81.
  13. Sudrajat, A. (2020). Tentang Pendidikan Karakter. Online: http://akhmadsudrajat.wordpress. com/2020/ 08/ 20/pendidikan-karakter-di-smp. Diakses pada 24 Agustus 2022.
  14. Thomas, J. W. (2015). A Review Of Research On Project-Based Learning. On-line https://www.asec.purdue.edu/lct/HBCU/documents/AReviewofResearchofProject BasedLearning.pdf . Diakses pada 5 September 2022.
  15. Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  16. Zubaidah, N. R., Winarti, A., & Nurdiniah, S. H. (2016). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa dengan Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit di Kelas Lintas Minat X SOS 5 SMA Negeri 2 Banjarmasin Tahun Ajaran 2015/2016. Tidak dipublikasikan, 1-11.